Selasa, 28 Oktober 2014

Toyota Starlet

Sejarah Toyota Starlet

Jika anda ingin membeli mobil yang lincah, tangguh, irit dan sangat mudah dijual kembali dengan harga yang tidak terlalu turun banyak, maka Toyota Starlet adalah jawabannya. Toyota Starlet adalah mobil yag sudah melanglang buana dalam industri otomotif di Indonesia selama puluhan tahun. Pada masa jayanya, seseorang sangat bangga duduk di dalam kabinnya.

Sejarah Toyota Starlet

toyota starlet 1978
Toyota Starlet diproduksi pertama kali pada tahun 1978 dan berakhir pada tahun 1999. Selama itu sudah banyak varian city car yang menyemarakkan dunia otomotif Indonesia. Sejak 1973, sudah dikenal adanya Toyoat Publica yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Toyota Publica ini adalah pendahulu dari Toyota Starlet. Dimana Toyota Starlet merupakan versi mahal dari Toyota Publica yang diterbitkan pada tahun 1978 tersebut. Mobil berjenis hatchback atau sedan tanpa buntut ini diproduksi selama 21 tahun. Kurun waktu tersebut termasuk lama untuk sebuah mobil. Dalam 21 tahun, sudah banyak varian Toyota Starlet yang dilempar ke pasaran dan sukses. Yakni diantaranya adalah:
  1. Toyota Starlet 1000/KP60 – tahun 1981
toyota starlet 1981
toyota starlet 1981
Toyota Starlet 1000 keluaran tahun 1981 itu adalah keluaran pertama sepanjang sejarah Toyota Starlet. Model mobilnya berbentu hatchback dan station wagon dengan mengusung mesin berkapasitas 1300, 1200 dan 1000 cc. Toyota Starlet pada awalnya didesain dengan penggerak roda belakang dan dijual dengan varian DX, XL, XL Lisse, S dan SE. Model keluaran pertama ini memiliki ciri khas lampu depan bulat. Pada tahun 1983, varian ini mendapatkan facelift dengan model lampu depan kotak dan gril baru. Lampu belakang dan pintu bagasi lebih rendah.
  1. Toyota Starlet 1.3 SE/EP71 – tahun 1987
toyota starlet 1987
Seri ini memiliki perbedaan dengan seri sebelumnya, dikeluarkan dengan penggerak roda depan dan kekuatan mesin baru 12 valve 1000 cc 1E dan 1300 cc 2E. Di negara asalnya Jepang, Toyota Starlet 1300 cc 2E sudah menggunakan mesin injeksi 2E-E, Turbo 2E-TELU atau mesin diesel 1500 cc. Tingginya permintaan pasar mengakibatkan pada tahun 1985 Toyota Starlet diproduksi diluar Jepang. Seri pertama model EP70 1000 cc, pendahulu EP71 dibuat di Thailand dan banyak beredar di Indonesia. Lalu disusul dengan varian EP71 1.3 L.
  1. Toyota Starlet 1.3 Xli/EP81 – tahun 1992
toyota starlet 1992
Pada tahun 1990-an, semua jenis Toyota Starlet sudah menggunakan sistem injeksi untuk mesinnya. Toyota Starlet juga memperkenalkan penggunaan platform P80 dengan body yang lebih membulat dari model sebelumnya. Mesin Toyota Starlet ini baru dengan sistem 16 valve 4E-F karburator, 4E-FE injection atau 4E-FTE turbo injection. Di Indonesia sendiri, Toyota Starlet dipasarkan dengan varian 1.3 SE limited, 1.3 SE dan 1.0 XI, lalu 1.3 SE-G. Toyota Starlet 1.3 SE-G inilah yang memiliki interior mewah namun dengan desain lampu belakang yang sama persis dengan seri GT dan Gti. Pada taun 1996, Toyota Starlet mengeluarkan seri Fantastic Starlet yang sebenarnya adalah seri SE dan SE-G yang mendapatkan sedikit facelift berupa kap mesin dan body kit.
  1. Toyota Starlet 1.3 Sli/EP91 – tahun 1997
toyota starlet 1997
Pada tahun 1997, Toyota memproduksi 3 varian Toyota Starlet yang dikhususkan untuk dalam negeri Jepang, yakni Toyota Starlet Reflet, Toyota Starlet Glanza dan Toyota Starlet Carat. Sementara itu untuk di luar negeri, Toyota Motor menawarkan seri 2E dan 4E-FE. Kejayaan mobil Toyota Starlet berhenti pada tahun 1999. Pada tahun tersebut Toyota memutuskan menghentikan produksi semua mobil berjenis hatchback. Akan tetapi pada tahun 2005, Toyota kembali memperkenalkan Toyota Yaris sebagai varian hatcback yang menjadi penerus Toyota Starlet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar